OLIMPIADE DAN ESAI BIOLOGI KEDOKTERAN SINAPS 2017
“Holistic Approach to Diminish The Neglected Agroindustrial-Related Diseases”

Latar Belakang
Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa luas lahan pertanian total Indonesia lebih kurang 41.5 juta hektar pada tahun 2014. Jumlah yang amat besar ini dimanfaatkan oleh sekitar 40% masyarakat Indonesia untuk bergerak dibidang agroindustri. Agroindustri adalah industri yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan.
Setiap pekerjaan memiliki resiko kesehatan, begitu pula dengan agroindustri. Sebagai pekerja agroindustri ataupun masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah agroindustri, tentu mereka kerap kali berhadapan dengan resiko yang dapat membahayakan kesehatan. Tingkat penyakit yang disebabkan oleh kegiatan agroindustri di Indonesia cukup tinggi karena mayoritas penduduk Indonesia bekerja dibidang agroindustri dan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh agroindustri sangatlah kurang. Di sisi lain, belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan penyakit-penyakit akibat agroindustri.
Oleh karena itu, untuk mengurangi angka kejadian penyakit akibat kegiatan agroindustri, dibutuhkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai sehingga dapat menanggulangi dan mengurangi angka kejadian morbiditas yang terjadi akibat kegiatan agroindustri. Dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut dibutuhkan suatu ruang/wadah untuk bidang ilmu yang mampu mengurangi angka kejadian morbiditas yang terjadi akibat kegiatan agroindustri tersebut.
Salah satu wadah untuk melaksanakan usaha tersebut yaitu dengan adanya Olimpiade Biologi Kedokteran. Olimpiade Biologi Kedokteran ini diharapkan dapat
membantu generasi muda bangsa untuk berpikir kritis, semangat dalam berkompetisi, dan peduli terhadap kesehatan. Melalui SINAPS 2017, FK UNEJ hadir sebagai salah satu wadah untuk berpikir kritis dan ajang berkompetisi dalam bidang biologi kedokteran bagi siswa-siswi SMA/MA sederajat.

Tujuan

  • Meningkatkan pola berpikir ilmiah dalam menghadapi masalah sains khususnya bidang biologi kedokteran sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  • Membantu generasi muda bangsa untuk berfikir kritis, memacu semangat berkompetisi, dan dapat mendidik mereka untuk lebih peduli terhadap kesehatan.
  • Sebagai penyalur minat dan bakat siswa-siswi SMA/MA sederajat dalam bidang biologi kedokteran sekaligus mempererat komunikasi antar siswa dari berbagai daerah di Indonesia.
  • Menciptakan generasi yang unggul dalam bidang biologi kedokteran sebagai tonggak kemajuan Ilmu Kedokteran di Indonesia.
  • Memelopori kegiatan keilmiahan dan berkontribusi aktif terhadap masalah kesehatan di lingkungan masyarakat.
  • Memperkenalkan Fakultas Kedokteran Universitas Jember kepada masyarakat umum, terutama di siswa-siswi SMA/MA sederajat.

Daftarkan Sekarang Juga